Melodi Perjuangan (2)

Ragil, besok kita ketemu Pak Ginanjar. Ketemu di ruang meeting, jam 10. Aku, kamu dan Arya.

Send.

Oke.

Baik Ragil maupun Kania hanya chat singkat. Mereka sama-sama sedang kalut dengan pikiran mereka sendiri. Pertemuan dengan Pak Ginanjar, selaku pembina bisa jadi harapan atau malah akhir dari segalanya.

Arya, salah satu sahabat Kania dan Ragil juga. Meski nama Arya juga tercatut dalam kasus yang sedang terjadi, tapi dia masih punya akses dengan pembina organisasi. Posisinya cukup strategis juga di kantor Pusat. Dia bisa menghubungi secara langsung pembina organisasi.

Semua ketegangan ini berawal dari broadcats (bc) tanggal 25 Juni lalu. Dalam bc official kantor Bakti Nusantara tersebut disampaikan ada sejumlah karyawan yang melakukan sabotase terhadap project organisasi yang berimplikasi lumpuhnya kegiatan orgnisasi di kemudian hari. Organisasi sedang membentuk tim khusus untuk menyelidiki. Pelaku utama adalah pemegang jabatan strategis di organisasi saat ini dan sejak kuliah merupakan mahasiswa ikatan dinas angkatan 2009.

Berita ini tiba-tiba seperti sambaran petir bagi Ragil dan Kania.

“Kania, kamu tahu maksud BC itu apa?” Chat Ragil setelah membaca bc tersebut.

Tidak sabar dengan chat, Kania langsung menelpon Ragil.

“Nggak tahu. Ini aku juga baru mau tanya ke kamu,” Jawab Kania.

“Kalu gitu besok kita ketemu” pinta Ragil.

“Aku kan lagi pulang di Surabaya, Gil”

“Besok berangkat ke Jakarta! Ini darurat!” Nada suara Ragil meninggi.

“Oke.” Kania tersadar, ini masalah yang genting. Ia segera mencari tiket pesawat online untuk penerbangan ke Jakarta besok.

Malamnya, baik Ragil maupun Kania tidak bisa memejamkan mata. Mahasiswa ikatan dinas angkatan 2009 itu? Mahasiswa yang mendapat ikatan dinas bisa dihitung jari. Apalagi yang saat ini sedang memegang jabatan strategis. Selain Ragil dan Kania, memang ada tiga anak lainnya yang merupakan mahasiswa ikatan dinas maupun pemegang jabatan strategis saat ini. Tapi, kemungkinan besar mereka juga bisa dianggap terlibat.

Sabotase project? Project yang mana? Apa karena kegagalan terselenggaranya musyawarah nasional bulan lalu? Bukankah itu karena memang sumber daya yang tidak memungkinkan dilaksanakan. Dan sudah menjadi keputusan bersama para pimpinan pusat dan cabang?

Itu adalah pertanyaan-pertanyaan dialektis antara Ragil dan Kania. Mereka sama-sama tidak tahu pasti dengan situasi yang terjadi. Tetapi mereka punya firasat kalau mereka termasuk dalam daftar bermasalah. Selama dua minggu belakangan ada sedikit perubahan sikap dari atasannya. Dua project yang sebelumnya ia tangani juga dialihkan ke karyawan lain, meskipun disertai alasan yang agaknya masuk akal. Tapi cukup mencurigakan, mengingat posisi Ragil yang cukup sentral di divisinya.

Sedangkan Kania sebenarnya sudah tahu ada gejala-gejala tidak beres di organisasi. Beberapa kali ia melihat adanya rapat tertutup antara pimpinan pusat dengan Divisi informasi dan Komunikasi organisasi. Hubungannya dengan atasannya beberapa waktu ini juga renggang. Biasanya, setiap kali datang ke kantor pusat, atasannya selalu menyambutnya. Tapi terakhir, bahkan chatnya saja hanya dibalas singkat.

Belum lagi ada keanehan pada sikap Bara, calon suaminya. Harusnya mereka mudik ke Surabaya bersama. Tapi mendadak Bara membatalkan dengan alasan masih ada pekerjaan. Ia masih harus di Jakarta hingga lebaran. Alasan yang masuk akal, Bara sebagai bagian manajemen kantor pusat. Biasanya sangat sibuk bahkan saat lebaran. Tapi, hingga H+3 lebaran, Bara masih belum juga muncul ke rumah Kania. Saat ditanya kapan datang, Bara hanya menjawab singkat, “Nanti aku hubungi kalau udah mau ke sana.”

Besok, semua akan terjawab.Ya Allah, beri aku kekuatan menghadapi apapun yang akan terjadi esok hari. Laa hawla wa laa quwwata ila billah. Setelah selesai sholat dua rakaat, Kania mencoba untuk tidur. Ia berharap segera datang fajar yang akan menyingkap kegelapan hari-hari yang dilaluinya kemarin.

 

#Onedayonepost #ODOPBatch5 #Pekan6day38

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: