Spirit Berjamaah

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together”

Apa bidang yang sedang kamu tekuni sekarang? Bisnis, pendidikan, sosial, kepenulisan? Kamu berjuang sendiri atau berjamaah dalam menngerjakannya?

Setiap orang tentu punya cita-citanya sendiri, ingin punya capaian karya dan ambisis sendiri. Setiap orang juga punya tingkat kepercayaan diri masing-masing terhadap kemampuannya merealisasikan ambisi-ambisinya. Itu yang lantas membuat seseorang mengambil langkah perjuangannya seorang diri.

Masalah fleksibilitas juga bisa mendorong seseorang untuk berjuang sendiri. Dengan bergerak sendiri mewujudkan cita-citanya, ia lebih bebas mengambil keputusan. Tidak perlu harus menyesuaikan diri dan mengikuti komando siapa pun. Apa yang ingin dilakukan bisa dilakukan dan hasilnya akan memuaskan diri sendiri.

Berjuang sendiri akan membuat kita bisa berlari cepat, tetapi mungkin tidak bertahan lama. Seseorang yang berlari sendiri menuju suatu titik, akan terlihat cepat dibandingkan yang lain, tapi akan segera lelah dan kepayahan. Jika ia tak lagi kuat, maka berhentilah ia, tak ada estafet yang akan melanjutkannya. Berjamaah, membuat perjuangan lebih punya nafas panjang. Mungkin perjuangan jadi lama, tidak bisa buru-buru, tapi hasil akan jauh ke depan dan lebih besar dampaknya.

“Berjamaah itu ribet, terikat, harus ikut aturan belum lagi nanti ada konflik-konfliknya.”

Setiap hal punya konsekuensi. Di setiap jamaah punya nilai, norma, aturan, kesepakatan atau apalah itu. Norma itu dibuat tentu untuk memberi pagar atau batas. Agar jamaahnya tahu koridor dan bisa tercipta ruang kondusif. Bisa mengikuti ritme, bergerak dalam koridor-koridor jamaah, bersahabat dengan orang-orang di dalamnya dan konflik-konfliknya adalah seni berjamaah.

Tapi jangan lupa, di dalam jamaah kita serasa punya otak seribu, tangan sepuluh ribu, kaki seratus ribu bahkan lebih dari itu. Sebuah visi besar yang nampaknya mustahil akan bisa terwujud karena kita tidak hanya mengandalkan sumber daya terbatas kita. Jalan buntu pun bisa dijebol karena ada banyak tangan yang bekerja bersamaan.

“Jamaah itu mesti ikut organisasi formalkah? Ada anggota, pengurus dan pemimpin? Punya Ad/Art, aturan-aturan organisasi?”

Bisa iya, bisa tidak. Jangan ributkan dulu soal bentuk kelembagaan. Jamaah itu prinsipnya barengan atau gotong royong dengan rapi dan teratur. Bentuknya bisa komunitas, perkumpulan, kesatuan atau organisasi formal, seperti ormas, yayasan dan semsemacamnya.

Apa pun itu, prinsipnya adalah sinergi dan kolaborasi. Sekarang ini kita masuk di era sharing. Bukan jamannya semua dilakukan dan dimakan sendiri. Energi akan cepat habis, kalaupun dapat kue yang sangat besar, apa kuat dimakan sendiri? Dengan berjamaah, energi nggak akan habis, selalu tercharge. Dengan berjamaah kita berbagai sumber daya, peran dan kesuksesan.

Kejahatan yang terorganisis akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir.

Yang punya ide dan misi kerusakan saja mengorganisir diri, terstruktur dalam melancarkan aksinya. Apalagi kita yang ingin melakukan berbagai hal baik. Jangan sampai hanya jadi gelembung, yang sangat rapuh dan mudah lenyap. Lalu tak meninggalkan bekas.

Bagaimana kalau ternyata jamaah yang kita ikuti salah? Melenceng dan mengarah justru pada keburukan? 

Jamaah di dunia ini banyak, kawan. Ada berjuta-juta. Pastilah ada yang baik untuk kita ikuti. Kalau satu kita anggap telah melenceng, maka tinggalkan! Cari yang lain. Ikhtiarlah sambil berdoa agar Allah mempertemukan kita dalam jamaah yang benar-benar baik. Berkali-kali mencari tapi belum ketemu juga, maka baiknya kita evaluasi diri. Jangan-jangan bukan jamaahnya yang keliru, bukan jamaahnya yang salah tapi pemahaman kita. Bisa jadi kita masih dipenuhi prasangka dan punya alat ukur yang salah.

Maka mari berbenah diri, mengevaluasi pemahaman dan membuka hati. Tidak ada jamaah yang sempurna di dunia ini, maka penerimaan kita yang mesti disempurnakan. 

 

onedayonepost #ODOPbatch5 #pekan5hari32

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: