Siman dan Nasi Bebek

“Man, Ayo makan nasi bebek di resto seberang!”, ajak saya ke Siman suatu hari. “Saya makan di warteg sebelah aja, Mbak gan”, jawab Siman agak sungkan. Lucu juga kalau dengar Siman manggil saya ‘Mbak Gan’, katanya itu kepanjangan dari ‘Mbak Juragan’.

“Lho, kenapa? Nggak apa-apa, tenang aja, saya yang traktir. Ayo, rame-rame sama anak-anak”, bujuk saya. Saya heran juga, anak lain diajak makan bebek senangnya bukan main, lha Siman kok malah nolak.

“Maaf, Mbak Gan”, Siman melanjutkan. “Saya tuh kalau makan enak di sini, ngerasa bersalah sama istri dan anak-anak di kampung. Mereka di sana makan seadanya sama sayur dan jarang-jarang makan lauk enak. Masak saya di sini makan yang enak-anak”, malu-malu Siman menjelaskan. “Oalah, Man..Man, kok masih ada suami model kayak kamu. Ya sudah, kita makan di warteg rame-rame aja, gimana gaes?”, ajak saya ke pegawai yang lain. “Let’s Go boss”, Jawab mereka serentak.

Saya anggap itu fenomena langka. Biasanya, suami atau istri diam-diam melakukan sesuatu yang menyenangkan dirinya saat tidak bersama dengan pasangan. Kalau ada kesempatan, menyenangkan diri sendiri kan sah-sah saja asal tidak melanggar batas-batas. Tapi, untuk ukuran Siman, makan nasi bebek saja sudah melanggar prinsip empaty dan sama rasa dalam rumah tangganya.

Saya jadi mikir, seandainya saja kepekaan rasa yang dimiliki Siman ini juga dimiliki banyak orang di dunia ini, tentulah banyak rumah tangga terjaga. Seandainya juga para pejabat juga punya empaty seperti Siman. Jangankan untuk korupsi, untuk beli barang mewah aja pasti miki-mikir. “Aduh, nggak enak saya. Masa iya, masih banyak rakyat kita yang miskin, tinggal di kampung kumuh, makan aja ngutang. Eh, kita beli tas aja sampe dua puluh juta. Itu kan bisa buat makan keluarga miskin selama satu tahun”.

Ah, asyiknya berandai-andai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: