Merencanakan Pendidikan, Memastikan Masa Depan Anak

Bisa mencapai pendidikan tinggi adalah harapan setiap anak, tapi tidak semua keinginan itu dapat terwujud. Salah satu teman SD saya bercerita bagaimana dia terpaksa berhenti sekolah saat kelas 1 SMA. Ia tidak bisa melanjutkan sekolah karena ibunya terkena kanker payudara hingga meninggal. Masalah itu menghabiskan banyak dana dan aset keluarga. Alokasi dana untuk pendidikanpun juga tidak ada.

Persoalan tersebut tentu banyak dialami oleh keluarga di Indonesia. Kita pernah mendengar juga kisah artis Yana Zein yang seluruh hartanya habis untuk biaya pengobatan. Kedua putrinya juga tidak lagi memiliki dana pendidikan.

Kita tidak bisa menjamin anak-anak kita menjadi orang sukses kelak, tapi kita bisa menyiapkan jaminan pendidikan yang memadai sebagai jembatan mereka untuk sukses. Seperti kata pepatah, “Sedia payung sebelum hujan”, maka pendidikan untuk anakpun harus disiapkan jaminannya sejak dini.

Untuk bisa merencanakan pendidikan anak dengan baik, hal-hal berikut ini yang perlu digali informasinya oleh orang tua:
1. Kenali potensi anak sejak dini, meliputi bakat dan minatnya. Amati dan berikan stimulasi pada anak untuk bisa eksplorasi bakat dan minat anak.
2. Kenali kebutuhan dan prediksi kondisi sosio kultural dan ekonomi yang akan dihadapi anak di masa depan. Anak kita akan hidup untuk 10, 20,

Jpeg

30 tahun ke depan. Masa itu tentu berbeda dengan masa yang dijalani orang tua. Bahkan era masa kini saja sudah sangat berbeda dengan era 10, 20 tahun lalu. Orang tua tidak bisa menyamakan kondisi anak sekarang dengan kondisinya dulu.
3. Kumpulkan informasi tentang sekolah-sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak. Ada ribuan sekolah tersedia, tapi tidak semua bisa sesuai dengan yang kita harapkan. Sekolah dengan kurikulum, fasilitas, ekstrakulikuker, sistem belajar mengajar yang baik akan memberikan pendidikan yang optimal bagi anak kita.
4. Buat perencanaan pendidikan anak setiap jenjang beserta perencanaan keuangannya beserta cara mencapainya. Faktor yang sangat krusial adalah finansial. Tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi di masa depan. Kita hanya bisa menyiapkan dan meminimalisir resiko. Kita bisa kehilangan pekerjaan sewaktu-waktu, mengalami sakit atau bangkrut dalam usaha. Jangan sampai pendidikan anak juga terguncang saat itu.

Terasa cukup rumit hal-hal yang harus dilakukan. Harus pergi mencari informasi dari satu sekolah ke sekolah lain, menghitung biayanya, membandingkan satu dengan yang lain. Kita tidak perlu melakukan serumit iitu Sun Life Edufair 2017 memudahkan kita mendapatkan seluruh informasi dan teknis merencanakan pendidikan anak dalam satu tempat dan satu waktu.

Sun Life Edufair 2017 merupakan event yang diselenggarakan oleh Sun Life Indonesia setiap setahun sekali. Sun Life Edufair 2017  adalah pameran pendidikan yang membantu orang tua mendapatkan informasi penting dan lengkap tentang pendidikan anak yang berkualitas. Di tahun 2017 ini,  Event ini diselenggarakan pada tanggal 20-22 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Sekolah mitra Sun Life yang turut berpartisipasi ada 20 sekolah formal dan 5 sekolah non-formal terbaik di wilayah Jabodetabek. Acara ini juga dihadiri oleh pakar pendidikan dan ahli perencanaan keuangan Sun Life Finansial.

Dalam acara ini, masyarakat dapat menggali informasi tentang pola asuh anak di era digital serta tren pendidikan. Di Sun Life Edufair 2017 juga terdapat sekolah non-formal seperti sekolah fotografi, jurnalistik, memasak, crafting, menggambar, memasak, hingga teknologi seperti robot dan coding. Ini dapat menjadi referensi bagi orang tua untuk membantu mengembangkan potensi anak.

Event ini sangat bisa dimanfaatkan Orang tua untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya di booth-booth 20 sekolah yang ada. Perform siswa dari setiap sekolah juga bisa menjadi penilaian tambahan bagi orang tua. Orang tua juga dapat berkonsultasi langsung dengan konsultan keuangan dari Sun Life Indonesia untuk merencanakan pendidikan anak. Ada simulasi keuangan yang rinci untuk membantu orang tua menyiapkan dana pendidikan.

Jpeg

Bagi yang belum sempat datang ke Sun Life Edufair 2017, Sun Life sudah menyediakan akses yang juga sangat memudahkan bagi orang tua. Situs Bright Education (www.brightedu.co) dipersembahkan Sun Life untuk keluarga Indonesia. Situs ini  menampilkan profil 25 sekolah mitra Sun Life di wilayah Jabodetabek. Tentunya ini merupakan sekolah-sekolah beekualitas terbaik.

Dalam situs ini, kita bisa menemukan informasi seputar sekolah mitra Sun Life meliputi Profil umum, administrasi, kurikulum, fasilitas, ekstra-kurikuler, prestasi, testimoni siswa dan orang tua. Jika bingung dalam memilih sekolah, orang tua dapat terbantu dengan adanya fitur perbandingan. Tinggal memasukkan data, situs akan mencocokkan kebutuhan anak dengan sekolah yang menunjang bakat dan minatnya.

Menariknya lagi, dalam situ ini juga tersedia fitur kalkulator. Fitur ini dapat membantu untuk menunjukkan gambaran kebutuhan dana pendidikan dan menyusun perencanaan keuangan sejak dini.

Sangat lengkap dan mudah bukan. Kita tidak perlu datang ke tiap-tiap sekolah dan pusing menghitung biaya yang harus disiapkan sejak sekarang. Semua tersedia dalam satu portal, bisa diakses lewat gadget. Sun Life memang sahabat terbaik keluarga dalam merencanakan pendidikan anak.

Advertisements

2 thoughts on “Merencanakan Pendidikan, Memastikan Masa Depan Anak

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: