Pemaknaan Ramadhan (1) Tentang Puasa

Awal Ramadhan ini, sebuah pertanyaan terlintas, “Mengapa harus lapar?” Kenapa orang harus merasakan lapar berjam-jam, merasakan perut melilit. Bahkan orang yang kerja berat, berada di suhu ekstrim panas atau dingin juga masih harus menahan laparnya. Yang saya maknai selama ini ketika orang merasakan lapar, ia jadi bisa berempaty dan bersyukur. Bisa merasakan betapa tidak enaknya lapar, lalu jadi lebih bersyukur dan mau berbagi dengan sesama.

Lantas terlintas pertanyaan lain, “Apa benar latihan lapar justru membuat kita jadi takut lapar?”. Pengalaman lapar membuat kita begitu takut lapar, diam-diam merasa hina dengan lapar bahkan ‘amit-amit’ kalau sampai kelaparan. Lalu membuat kita sekuat tenaga melawan lapar. Padahal bisa jadi suatu hari kita harus merasakan kelaparan demi mempertahankan nilai kebenaran. .
Itu mungkin kenapa saat berbuka kadang kita seolah seperti balas dendam, bagaimana caranya agar perut kita tidak lagi perih karena lapar. Lalu setelah Ramadhan, tak sadar bersyukur kalau tidak lagi harus puasa jadi bisa terus mengenyangkan perut sampai sebelas bulan berikutnya.

Pemaknaan saya sekarang, harusnya puasa adalah latihan terbiasa lapar, membiasakan diri untuk kuat terhadap lapar. Hingga tidak lagi merasa bahwa lapar adalah momok, menyakitkan bahkan hina. Tak lagi cemas menanti-nanti saat berbuka. Toh, kita sudah terbiasa dengan lapar. Jika sudah terbiasa dengan lapar bahkan menikmati proses lapar itu, kita tak lagi ngintip-ngintip jam, menghitung berapa lama lagi buka puasa. Kalau tidak ada hidangan tak sedih merana. Kalau ada hidangan berbuka, kita juga tak gembira berlebih. Dan kalau hidangan berbuka itu sangatlah melimpah, kita jadi tak kemaruk untuk memakan semuanya. Agar segala cara tak kita lakukan,demi urusan perut. Apalagi sampai menipu,menjarah dan membunuh.

Pemaknaan saya bisa jadi salah. Kebenaran datangnya hanya dari Allah. Tabik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: